Bisnis Kuliner Akan Booming di Tahun 2013


Peluang Usaha 2013 – Bisnis Kuliner akan Booming


Bisnis kuliner diprediksi akan meningkat ditahun 2013. Banyak para pakar waralaba yang memprediksi bahwa usaha jenis ini akan semakin digemari. Salah satu alasannya, peluang kuliner memiliki perputaran uang yang cepat. Namun memulai bisnis modal kecil ini bukanlah sesuatu yang mudah, semua kembali kepada anda untuk mengelolanya. Karena jika gagal, malah akan membuat stress dan tidak menyenangkan.

Dan perlu diingat juga bahwa, keahlian memasak makanan yang lezat yang dimiliki tidak menjamin bisnis kuliner Anda berhasil. Anda perlu langkah-langkah belajar bagaimana untuk memulai dan menjalankan bisnis kuliner.

Nah untuk memulai, berikut tips dan cara yang bisa dijadikan patokan1. Mengerti apa yang dijual. Sebelum memulai semuanya, Anda perlu memahami betul apakah Anda akan menjual makanan yang dapat menghasilkan uang. Langkah pertama adalah untuk mengklasifikasikan jenis-jenis makanan yang Anda buat. Secara khusus Anda harus tahu apa jenis makanan akan dibeli dan terus dibeli oleh pelanggan. Contohnya saja, Anda tertarik untuk melakukan bisnis makanan penutup, yang tentu saja masih terlalu luas di bisnis makanan. Anda lagi dapat diklasifikasikan sebagai kue tar, kue atau pie. Apakah Anda berencana untuk membuka toko roti atau restoran. Atau Anda bisa memilih untuk membuka usaha katering atau memesan kue ulang tahun atau pihak lain. Anda hanya dapat membuka restoran roti isi yang khusus, berbagai makanan beku seperti sosis, nugget, atau Anda dapat membuka sup stand yang berbeda di mal.



2. Pelajari trend. Anda juga harus belajar trend makanan kuliner yang ada saat ini. Misalnya bisnis cemilan serabi kuah, Anda \dapat membuka bisnis ini namuan dengan ciri khas yang unik. Anda harus membuat serabi ini berbeda dengan serabi lainnya. Serabi rasa duren misalnya.

3. Standard resep. Untuk memulai bisnis penjualan makanan, sekali lagi Anda harus memiliki resep terpercaya yang sudah diuji. Standarisasi resep juga harus ada, coba minta pihak keluarga atau teman terdekat untuk mencicipi resep yang Anda miliki, jika berhasil maka resep tanda yang Anda buat berhasil. Tapi harus diingat, jangan biarkan resep ini bocor ke luar. Anda juga harus memiliki bahan rahasia yang membedakannya dari resep yang dimiliki pengusaha lain.

Tulisan diatas adalah tips dan cara memulai, selanjutnya yang tidak kalah penting adalah teknik pemasarannya. Berikut beberapa tips dan cara pemasaran bisnis kuliner agar sukses yang mungkin bisa membantu Anda untuk mulai buka usaha kuliner

1. Merk Unik. Nama yang unik bisa menjadi daya tarik pembeli. Nama yang terpampang jelas di bagian depan restoran atau restoran Anda mungkin akan membuat orang yang membaca penasaran dan meluangkan waktu untuk mencoba kuliner yang Anda tawarkan, sehingga dapat mereka akan menjadi pelanggan setia kedepannya. Contohnya seperti “Ayam Bakar Setan”.

2. Kenyamanan Konsumen. Membuat pelanggan merasa nyaman saat makan. Melayani pelanggan dengan ramah dan baik. Menyambut tamu dengan tersenyum dan memperlakukan mereka dengan khusus merupakan cara agar bisnis anda cepat sukses dan berhasil.

3. Berikan Diskon. Diskon mempunyai peranan dan daya tarik tersendiri bagi pengunjung untuk datang ke gerai Anda. Berikan diskon saat liburan atau potongan harga dan paket pada hari tertentu.

4. Selalu berinovasi. Pengunjung selalu menyukai hal-hal baru, jika Anda hanya menawarkan menu itu saja, kemudian seiring waktu pengunjung akan bosan dan mencari suasana baru di tempat lain. Untuk mempertahankan pelanggan, buatlah menu baru dari inovasi yang berbeda.

5. Layanan yang Memuaskan. Layanan di sini terkait dengan waktu penyajian makanan, kebersihan, dan rasa makanan. Jangan membuat pelanggan menunggu makanan yang mereka pesan terlalu panjang, ini akan membuat suasana hati mereka berubah. Kemudian membersihkan tempat dan makanan juga akan meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam menyantap makanan. Dan yang terakhir tidak membuat pelanggan kecewa dengan rasa makanan yang buruk. Untuk itu selalu menjaga kualitas makanan, membuat standarisasi selama proses memasak sehingga rasa makanan tetap terjaga, pelanggan puas dan pasti akan kembali lagi.

Itulah beberapa gambaran yang bisa kami berikan, untuk contoh peluang usaha 2013lainnya silahkan kunjungi www.BukaUsaha.com..

1 komentar:

5758 (Maju Mapan) mengatakan...

Bisnis Kulier tersebut bisa saja berlanjut di tahun ini 2014 selagi kita cerdik dan cermat dalam memanfaatkan usaha jenis ini.

Salam by Fajar Sinteniki

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. ZONApindy.blogspot.com - All Rights Reserved zonapindyB-Seo Versi 4 by Crishnaadi